Komite koordinasi evakuasi kota Darayya di pedesaan sebelah barat Damaskus sampai di kota itu pada hari Jumat, lapor koresponden media setempat.

Sebuah komite dari Bulan Sabit Merah Suriah (SARC) mencapai kota bersama dengan panitia dari rezim Assad, dalam persiapan untuk mengevakuasi warga sipil dan para pejuang perlawanan dari Darayya.

Proses ini diperkirakan memakan waktu sekitar empat hari-tergantung pada logistik, menurut sumber yang sama.

Kelompok evakuasi pertama akan berisi 4.700 orang, termasuk 700 pejuang perlawanan dan 4.000 warga sipil.

Sebuah sumber di Brigade Syuhada Islam, faksi perlawanan terbesar yang beroperasi di Daraya, mengatakan bahwa para pejuang perlawanan akan menuju Idlib menggunakan bus milik SARC, sementara warga kota akan dibawa ke daerah-daerah di dekatnya termasuk Qudsayya dan Sahnaya.

dar0

dar2

Para aktivis diposting beberapa foto di media sosial saat para warga mengunjungi makam anak-anak mereka dan orang-orang yang dicintai sebelum meninggalkan Darayya, khawatir tidak bisa kembali ke kota.

Proses evakuasi datang setelah rezim Assad dan pejuang perlawanan menyepakati gencatan senjata pada hari Kamis dimana rezim Assad akan masuk Darayya, sementara warga dan pejuang perlawanan dari kota akan keluar ke daerah lain di Damaskus dan Idlib.

Saat-saat terakhir sebelum meninggalkan Darayya

Pada Jumat (26/8) rekaman video yang mendokumentasikan saat-saat terakhir sebelum penduduk kota Darayya di pedesaan barat Damaskus meninggalkan kota mereka beredar di media sosial.

Video itu menunjukkan warga sipil berkumpul dalam kelompok-kelompok, dengan barang-barang mereka yang dikemas, dan beberapa pejuang perlawanan menunggu proses evakuasi untuk memulai. Hal ini juga menunjukkan jumlah kerusakan yang diderita kota tersebut.

Warga dan para pejuang perlawanan dengan keterpaksaan yang sangat harus pergi meninggalkan Darayya. Karena dengan situasi dan kondisi sekarang ini, memang sudah tidak memungkinkan untuk sekedar melangsungkan bertahan hidup – video diatas cukup jelas menggambarkan kesulitan hebat yang dialami warga walaupun hanya sekedar untuk bertahan dengan kehancuran yang merata sejauh mata memandang -.

Insya Allah ini hanyalah untuk sementara dan bersifat strategi, ke depannya disaat momentumnya sudah tepat kelompok perlawanan Suriah tentu akan membebaskan kembali kota Darayya dari kekuasaan rezim Assad. (on/ansharalislam)

Advertisements