Apa perbedaannya: Syaikh Ayman al-Zawahiri menyerahkan salah satu cabang terkuatnya di Syam untuk kepentingan umat, sementara Al-Baghdadi membunuh ribuan kaum muslimin sehingga ia bisa menyebarkan cabang-cabangnya didalam umat. Syaikh Ayman al-Zawahiri meminta bala tentaranya dalam baiat mereka untuk kepentingan umat, sementara Al-Baghdadi berkelahi dan membunuh untuk baiat bahkan jika itu merugikan umat sekalipun. Syaikh Ayman al-Zawahiri menyerahkan kekuasaan atas tentaranya dari rasa cinta untuk umat sementara Al-Baghdadi memaksakan kekuasaannya dari cinta untuk pemerintahan.

Apa perbedaannya: Syaikh Abu Muhammad Al-Jaulani terus setia kepada pemimpin sampai ia memberinya izin untuk membubarkan baiatnya sementara Al-Baghdadi mengkhianati baiatnya dan berbohong tentang hal itu dan memaksa orang lain untuk memberikan baiat mereka kepadanya. Syaikh Abu Muhammad Al-Jaulani meleburkan baiatnya dengan izin dari pemimpinnya untuk kepentingan umat, sementara Al-Baghdadi menghancurkan baiatnya dan berbohong tentang hal itu karena ia menyatakan dirinya Khalifah untuk rasa cinta kekuasaan meskipun itu menyebabkan bahaya pada umat.

Jika seluruh faksi bersatu di Syam setelah pembentukan Jabhah Fath Syam yang diberkahi maka biarkanlah sejarah mencatat bahwa orang bijak dari umat ini, Syaikh Ayman al-Zawahiri adalah orang yang mempersatukan rakyat Syam yang diberkahi. Semoga Allah melindungi Syaikh yang mulia dan semoga umat Islam mendapatkan manfaat dari kebijaksanaannya. Kita sedih dengan ekstremisme liar Al-Baghdadi dan cinta butanya terhadap kekuasaan, tetapi Allah menyembuhkan hati kita dengan kebijaksanaan Syaikh Ayman al-Zawahiri dan kasih sayangnya untuk kaum muslimin.

Rangkaian pernyataan yang berasal dari pimpinan Al-Qaeda dan Jabhat un-Nusra telah membuktikan semua perilaku baik dari kepemimpinan dan bala tentaranya.

Jadi betapa besar perbedaan antara seorang prajurit santun yang menjaga baiat sementara yang lainnya menghancurkan baiat dan menjadi pengkhianat serta penipu. (almuwahideen/ansharalislam)

Advertisements