Sebuah video cukup langka dari salah satu pertempuran Mujahidin Chechnya saat mereka menghadapi pasukan Rusia melibatkan jet-jet tempurnya di wilayah pegunungan Kaukasus.

Kekurangan jumlah pasukan dan persenjataan, tidak pernah menyurutkan semangat dan nyali mujahidin Chechnya dalam menghadapi besarnya jumlah dan canggihnya peralatan tempur musuh.

Iman adalah senjata nomor 1 bagi mujahidin sedangkan senjata adalah nomor 2. (Download di bagian bawah)

Perang Chechnya I – Pada 11 Desember 1994 pasukan Rusia masuk ke wilayah Chechnya dari arah utara, barat, dan timur. Pasukan Rusia berencana mengambil-alih kembali Republik Chechnya dalam waktu dua jam, namun ternyata mereka menghadapi perlawanan yang sangat keras.

Rusia tidak mampu menekan perlawanan mujahidin Chechnya. Tank-tank Rusia dihujani proyektil dari peluncur granat dan mereka yang masih hidup dijadikan tawanan. Peperangan yang diprediksi hanya akan terjadi selama dua jam tersebut ternyata berlangsung selama 1,5 tahun.

Perang Chechnya I berakhir pada Agustus 1996 saat Rusia menarik mundur pasukannya. Namun, masa tenang tersebut hanya berlangsung sesaat. Tiga tahun kemudian, Perang Chechnya II meletus.

Download-Video

Advertisements