Kepanjangan dari singkatan MSG adalah Monosodium Glutamate, yang di kita lebih dikenal dengan sebutan Micin, Vetsin atau dengan nama produk seperti: Ajinomoto, Sasa, dsb. Jika Anda menyukai makanan Cina, Anda harus menyadari bahan ini. Meskipun itu menjadikan makanan lezat, tapi tidak sehat.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa MSG sangat berbahaya terutama bagi anak-anak dan wanita hamil. Bahkan, penelitian terbaru mengatakan Monosodium Glutamate adalah salah satu bahan yang paling berbahaya! Penambah rasa ini sedang digunakan dalam banyak masakan pedas saat ini dan bahkan beberapa makanan dikemas berisi itu. Umumnya ditambahkan dalam saus, kaldu, keripik dan tentu saja hampir semua jenis makanan kaleng dan olahan.

Apakah ada efek samping dari MSG? Sebagian besar dari kita tidak tahu mengapa Ajinomoto berbahaya bagi kesehatan. Nah, sakit kepala, mual, keringat berlebihan, kelemahan dan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, nyeri dada adalah beberapa efek samping dari menggunakan MSG.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi mie instan dan sup yang mengandung bahan ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Jadi, apa yang terjadi ketika Anda mengkonsumsi bahan ini? Nah, masalah utama di sini adalah, ketika asam glutamat dikonsumsi, tingkat glutamat darah Anda dapat secara drastis meningkatkan. Saat mencapai tingkat tidak sehat, beberapa masalah mungkin timbul.

Beberapa studi juga mengatakan bahwa sel-sel saraf Anda mungkin mendapatkan rangsangan lebih bila mengkonsumsi MSG. Tapi karena bahan ini cukup terjangkau (murah) dan juga lezat, banyak orang merasa sulit untuk berhenti mengkonsumsinya.

Bahkan, beberapa studi juga mengatakan bahwa MSG contoh seperti Ajinomoto, Sasa, dll, dapat merangsang pankreas dan dapat mengakibatkan obesitas juga. Mengapa kita tidak bisa menyerah ketika ada begitu banyak efek samping dari MSG? Nah studi lain mengatakan itu adalah adiktif juga! Sekarang, mari kita secara hati-hati membahas mengapa MSG berbahaya bagi kesehatan.

EFEK SAMPING MSG / PENYEDAP MASAKAN

Sakit Kepala Berat

Sakit kepala adalah salah satu efek samping yang paling umum dari bahan ini tetapi jika itu berubah menjadi migrain, lebih baik untuk menghentikan mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG dengan segera.

Rasa Sakit

Beberapa orang mungkin juga mengalami rasa sakit dan sensasi terbakar di daerah tertentu dari wajah.

Merangsang Berlebihan (Over-Stimulates) Saraf Anda

Beberapa laporan mengatakan bahwa bahan ini mengganggu keseimbangan neuro-transmitter dan ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Singkatnya, sistem saraf Anda mungkin akan dirangsang berlebihan setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan ini.

Untuk Wanita Hamil …

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa ibu hamil harus benar-benar menghindari makanan yang mengandung bahan ini. Beberapa penelitian menghubungkan kemandulan pada wanita disebabkan bahan ini.

Masalah jantung

Nyeri dada dan jantung berdetak tidak teratur yang tidak biasa pada orang yang berlebihan mengkonsumsi bahan ini.

Tekanan darah

Beberapa studi telah sedikit lebih maju dan melaporkan bahwa bahan ini dapat menyebabkan masalah tekanan darah jika dikonsumsi berlebihan.

Keringat Berlebihan

Beberapa orang juga melaporkan berkeringat berlebihan setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung Ajinomoto. Meskipun ini bukan merupakan salah satu efek samping yang serius, itu bisa cukup memalukan.

Mual

Ketika Anda mengkonsumsi bahan ini terutama ketika tingkat kekebalan (imunitas) sedang rendah, Anda mungkin menderita mual.

Kegemukan

Beberapa studi menyatakan bahwa bahan ini mempengaruhi pankreas dan kadar gula darah; ini secara tidak langsung dapat membuat Anda makan lebih banyak dan dengan demikian menyebabkan kegemukan.

Efek Kesehatan

Kemungkinan efek samping lain dari MSG mungkin termasuk kelemahan, kanker, asma, diabetes, masalah tiroid, alergi makanan dan masalah mata terkait. (dbs/ansharalislam)

Advertisements