Anshar al Islam – Setelah hampir seluruh wilayah Hasakah jatuh ke tangan Kurdi dan gerak laju tentara Kurdi yang tak terbendung terus merampas wilayah-wilayah ISIS satu demi satu, kini tentara pasukan Bashar Assad yang terdiri dari dari elemen SAA (Syrian Arab Army) dan SDF (Syrian Defense Force) mencoba ikut masuk dalam aksi perebutan wilayah-wilayah ISIS di Suriah Timur dan Suriah Utara, dan gerak laju pasukan Assad ini pun dilaporkan telah berhasil mendekati  Raqqah, tentara Bashar saat ini mencoba memanfaatkan situasi dan mulai maju ke arah Taqba. Posisi tentara Bashar Assad kini hanya 100 km dari kota tersebut.

Namun setelah mencapai bagian timur kota Taqba dan danau Assad, laporan menunjukkan bahwa mereka telah memasuki wilayah administratif propinsi Raqqah dan hanya berjarak 35 km dari Taqba. Assad meninginkan untuk mendapatkan pembagian wilayah dari koalisi militer pimpinan Amerika Serikat yang berencana untuk membumihanguskan kota Raqqah.

Kehadiran unit-unit bersenjata di sekeliling wilayah target juga menjadi bagian dari rencana yang mereka terapkan untuk  mendapatkan wilayah yang mereka inginkan. Pada saat yang sama.

Kehilangan Wilayah, ISIS justru Fokus Bantai Ahlussunnah dan Mujahidin di Aleppo

ISIS tampak sama sekali tidak terganggu oleh kemajuan yang dicapai oleh SDF dan milisi Basyar Assad. ISIS justru masih sangat sibuk untuk membunuhi ahlussunnah di Marea dan Azaz.

Hal tersebut terjadi ketika tentara Bashar membuat kemajuan yang sangat cepat dalam merampas kota-kota ISIS dari Ithriya hingga Raqqah sampai hari ini. Sebagaimana uraian yang disampaikan oleh SOHR, ISIS gagal mempertahankan 35 prajurtnya dan telah putus kontak dari prajurit-prajurit tersebut ketika ISIS mencoba menahan serangan SAA (tentara Assad) di bagian timur distrik Ithriya-Raqqah.

Dilaporkan pula bahwa SDF (tentara Assad) telah menguasai jalan yang menghubungkan antara Manbij dan Raqqah setelah merampas Um Saraj, sekarang ISIS menggunakan jalan Raya Al-Bab untuk mencapai Manbij. (w/ansharulislam.com)

Advertisements