Berikut ini adalah sebagian kecil saja dari laporan operasi Jihad Omari yang dilancarkan oleh Mujahidin Taliban yang dirilis pada tanggal 29 Mei:

6 musuh tewas saat pos pemeriksaan diserang di Maiwand, 2 tewas oleh sniper

KANDAHAR, Mei. 29 – Setidaknya 6 orang bersenjata tewas setelah Mujahidin menyerang sebuah pos pemeriksaan milisi bayaran di Sara daerah Baghal distrik Maiwand semalam. Sementara 2 boneka lainnya ditembak dan dibunuh oleh penembak jitu dekat dengan wilayah Aiz Abad dari distrik yang disebutkan.

Jalan raya Kandahar masih tetap berada di bawah kendali Mujahidin

KANDAHAR – Para pejabat mengatakan beberapa tentara ANP dan ALP yang didukung oleh APC dan kendaraan-kendaraan militer yang tiba untuk membuka kembali jalan raya Kandahar-Tarinkot langsung berada di bawah serangan Mujahidin dan bom, memaksa musuh untuk melarikan diri setelah menderita korban yang serius.

Demikian juga penyerangan musuh di daerah Katha Sang juga berhasil dihalau dan daerah tersebut masih di bawah kendali Imarah Islam Mujahidin (Taliban).

Klaim musuh mengenai pembersihan jalan raya adalah tak berdasar, Mujahidin hanya mundur dari puncak gunung di daerah Katha Sang karena serangan helikopter dan pesawat.

Secara terpisah sebanyak 5 peluru mortir ditembakkan ke pangkalan upahan di daerah Sazniyano distrik Arghandab pada jam 11:00 waktu setempat pada hari Sabtu, mengakibatkan korban serius untuk musuh, namun jumlah pasti korban belum diketahui.

2 komandan milisi lokal tewas di Saripul, area yang luas berhasil dibersihkan

SARUPIL – Di tengah berlangsungnya ‘Operasi Omari’, seorang komandan Arbaki – Abdul Sattar – dan saudaranya tewas dalam penyergapan Mujahidin dekat dengan wilayah Torfaghaly distrik Saiyad pada siang hari Sabtu.

Juga di Saripul Sabtu pagi Mujahidin secara taktis ditarik dari posisi mereka setelah serangan berat diluncurkan oleh gabungan pasukan musuh di sekitar distrik Kala Sozma.

Kemudian pada jam-jam sore ketika musuh bergerak menuju Charyak, Tanzil, Gwrab, dan daerah lainnya Mujahidin memulai serangan yang menentukan pada mereka, memaksa mereka untuk melarikan diri setelah perlawanan singkat, meninggalkan 2 mayat musuh di tanah pertempuran.

Menurut rincian sebuah tank musuh hancur dan satu lagi disita dalam operasi itu.

5 tewas ketika markas polisi Marjah diserang

HELMAND – Menurut laporan dari provinsi Helmand selatan setidaknya 5 orang musuh bersenjata tewas dalam serangan terhadap markas polisi Marjah semalam di tengah berlangsungnya Operasi Omari.

Pos musuh diserbu di Babaji, 9 boneka tewas

HELMAND -Laporan mengatakan ditengah kampanye ofensif operasi Omari, Mujahidin Imarah Islam menyerang sebuah pos pemeriksaan misi ANP upahan di daerah Spin wilyah Spin Misjid distrik Babaji semalam, menewaskan 9 boneka di tempat dan meninggalkan beberapa lainnya luka-luka.

5 antek dibunuh saat serangan musuh dipukul mundur di Zabul

ZABUL – Sebuah laporan terbaru yang datang dari distrik Shajoy bahwa pos pemeriksaan Angor yang terletak di desa Andarho berada di bawah serangan bom Mujahidin pada sekitar jam 8:00 am pagi hari tadi (29/05), menewaskan 2 boneka dan melukai yang lain.

Laporan lain mengatakan bahwa setidaknya 2 orang bersenjata tewas di tengah serangan ranjau darat saat pasukan penyerang musuh tiba daerah untuk membuka pengepungan pada tengah malam yang langsung dihujani gempuran dan pemboman oleh Mujahidin, sehingga memicu tembak-menembak yang berlangsung selama sekitar 1 jam dan berakhir dengan musuh yang melarikan diri.

Markas musuh dan pos pemeriksaan masih di bawah pengepungan mujahidin di daerah tersebut. (shahamat/ansharalislam)

Advertisements