Anshar Al Islam – Pasukan Irak telah merebut 12 distrik di Fallujah hanya beberapa jam setelah peluncuran kampanye militer bertujuan untuk merebut kembali kota-kota dari kelompok ISIS, menurut sumber keamanan setempat.

Fallujah dianggap kubu utama ISIS di provinsi Anbar, Irak barat.

Petugas polisi federal Raed Jawdat mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Senin (23/05) bahwa pasukan gabungan – termasuk pasukan tentara, unit kontra-terorisme, milisi pro-pemerintah dan para pejuang suku – telah berhasil merebut distrik Subaihat, Al-Shihabi, Al-Lifiyya, Al-Karma, Al-Boaudh, Jamilah, Al-Bouhadid, Al-Nasser dan Al-Sajr, dan beberapa lainnya.

Jawdat menambahkan bahwa sekitar 40 militan ISIS sejauh ini telah tewas dalam operasi yang sedang berlangsung untuk merebut kembali Fallujah, di mana senjata menengah dan berat dipergunakan.

Pada Minggu malam, Perdana Menteri Haidar al-Abadi mengumumkan peluncuran kampanye militer.

“Operasi untuk membebaskan Fallujah telah diluncurkan dengan partisipasi pasukan militer unit kontra-terorisme, polisi federal, milisi (Syiah) Hashd al-Shaabi dan para pejuang suku,” kata al-Abadi.

Terletak di sepanjang Sungai Efrat sekitar 50 kilometer sebelah barat ibukota Baghdad, Fallujah – yang jatuh ke ISIS pada awal 2014 – saat ini menjadi rumah bagi sekitar 90.000 orang.(wb/ansharalislam)

Advertisements